Monday, November 07, 2005

 

beberapa waktu terakhir ini gw sering nonton film horror. secara gw rencananya bakal membuat lanjutan dari shounji (buat yang ngga tau apa itu shounji, bisa ke situs gw yg utama dan ke link shounji. hehe). shounji adalah film horor amatir gw yg pertama dan menandakan debut gw sebagai, ceile, penulis dan sutradara, kelas kacang. hehe. garin nugroho bilang kalau sekarang banyak film indie, udah sampai 700 judul tapi sutradara yang ada belum punya etos membuat film. bikin film 2-3 kali udah ngaku sutradara. jadi ngeri. karena gw udah berani ngaku sutradara. piye jal om garin?nah, dalam rangka memperkaya hasanah bercerita film horor gw mulai mengenyangkan diri dengan film2 horor asia. supaya gw bisa menghindarkan diri dari stereotype hantu asia yang berambut lurus, cewek, kelihatannya cantik, walau sebenarnya mematikan, dan matanya mendelik sana sini. sejauh gw menonton hantu-hantu asia yang lagi populer ya yang rambutnya super lurus itu. shounji juga punya hantu yang rambutnya, hampir lurus, tapi tetep...asia banget juga. susahnya tidak punya back up pencerita, secara gw nulis naskahnya sendiri adalah gw cenderung suka dengan cerita yg gw tulis sendiri. kudunya kan gw punya pembaca keberapa yang gw harap akan membantai cerita itu.ah. tuh kan seperti biasa gw jago melenceng. fokus, fokus.
cerita horor kali ini, sekali lagi, adalah remake film 70an yang berjudul sama 'the amytville horror.' bintangnya adalah ryan reynolds. si six pack dari blade trinity dan satu film konyolnya yg gw lupa. plot yang ditawarkan adalah cerita mengenai keluarga muda yang move in ke sebuah rumah nan gede, nan bagus, di daerah elit long island, di pinggir danau tapi punya sejarah yang super duper ngga enak.tokoh yang diperankan ryan di sini udah berusaha mencegah pindah ke rumah nan gede itu karena takut ngga sanggup bayar, di daerah long island ngga ada rumah murah baby. nah ternyata developer sialan ini menjatuhkan harga sewa sehingga rent nya jadi terjangkau oleh ryan sekeluarga. perhatikan scene waktu jodie melintas di kamar sebelah saat developernya lagi nawarin rumahnya. siapa jodie? hehe. lihat sendiri yaa.rumah nan gede ini dulu, setahun sebelumnya, karena settingnya adalah 1974, dan keluarga sebelumnya the defeo tinggal di sana tahun 1973. keluarga defeo cuma bertahan 28 hari dari sejak kedatangan mereka. pas 28 hari. nah, keluarga baru yang pindah ke rumah ini juga akan mengalami horor yang sama di hari ke-28. horor apa? lihat sendiri...keluarga defeo punya 3 anak. yang paling tua adalah yang mengukir sejarah menakutkan di rumah itu. jodie adalah anak bontot keluarga defeo. di tengah hujan badai dan suara setan yang memanggil anak tertua untuk 'catch'em, kill'em' mulai membantai keluarganya satu persatu dengan shot gun. suara setan ini mulai menghantui anak tertua defeo saat ia berani menyentuh basement rumahnya.
ada sesuatu di sana yang memulai petaka ini.kalau dipikir-pikir, cukup mengerikan. defeo juga adalah korban. karena sebenarnya dari awal rumah itu dibangun, kegelapan sudah berkuasa di sana. seorang dukun jaman pilgrimage sudah mengukir sejarah nan gelap di rumah itu. mengunci semua rahasia sadisnya di basement dan tempat penyimpanan perahu serta danau di dekat rumah itu. sesuatu yang berbau crackers emang mengerikan. masih inget salem witch trial? kalo dipikir-pikir, dukun laknat ini punya sejarah yang dekat dengan salem dan crackersnya.well, kemunculan hantu-hantunya kurang mengerikan karena sebenarnya buat mereka yang suka nonton film horor, udah bisa nebak kapan hantunya nongol, di mana, yang mengejutkan mungkin wujud mereka. well, computer graphic bisa memberikan penampakan yang menggigit. the amytville horor bagus pada backgroundnya, walaupun ujung-ujungnya jadi cemen, gw ngga tau kenapa. film ini kurang gelap untuk memperkuat kesetanan yang dihasilkan oleh kebiasaan si dukun untuk menyiksa dan membantai orang-orang di basement rumahnya.kemunculan hantu-hantunya masih level biasa. dibanding ju-on gw masih tetep parno nonton ju-on sodara-sodara.castnya juga kurang sinergi. keluarga muda yang dipimpin ryan di sini seperti asal comot. apalagi yg dicast untuk menjadi istrinya si ryan. well, mereka about to marry. jadi sebenarnya tokoh ryan di sini sedang berjuang untuk meraih hati anak-anaknya si ibu muda. cuma, jalannya agak sedikit terhambat karena setan mulai menguasai dia. ada homage buat excorist di sini dengan kehadiran si pastor tua, tapi payah, pastornya ngga kuat. jadinya kena serangan lebah dari setan basement dia langsung kabur. mungkin aja si pastor masih kalah kuat.
kalau melihat tradisi rumah-rumah berhantu dan kerasukan roh jahat di film-film hollywood patokan gw sampai saat ini cuma poltergeist dan exorcist. tidak ada film yang sengeri kedua film yang gw barusan sebut.poltergeist sebenarnya ngga begitu ngeri dengan cerita bahwa ada kuburan indian di bawah rumah keluarganya craig. t nelson (pengisi suara mr.incredible). yang bikin ngeri adalah sejarah di luar film ini sendiri. banyak yang mengatakan bahwa film ini menjadi betul2 terkutuk karena pemainnya tewas satu persatu, apalagi yang paling nyeremin adalah waktu pemeran anaknya craig meninggal karena empedunya bocor. darn. makanya isu bahwa film ini terkutuk makin kuat.kalo exorcist duh gw ga tega mau membocorkannya di sini. ada scene di film ini yang harus lo saksikan sendiri saking mengerikannya. gw ngga mau deskripsikan, tapi lo pasti tercengang dan..scene ini adalah salah satu scene di film yang mencengangkan mengingat siapa yang melakukannya. cari!! liat!!
nah rumah hantu amytville juga adalah remake seperti yang gw bilang tadi. gw mungkin akan berusaha mencari versi tahun 1970annya. siapa tahu lebih mengerikan. ngga mungkin dibuat remake kalau versi aslinya tidak begitu menggigit dalam artian menakutkan, kan?film ini gw kasih bintang 2 juga. secara horor nya biasa. beneran ngga nyeremin. yang nyeremin cuma backgroundnya aja. sisanya plain. mungkin buat si nina masih nyeremin. ehehehe.pesan gw: kalau mau pindah rumah, lihat2 lingkungannya, dan sejarah rumah itu...dapat rumah gede dan murah boleh...tapi apa lo tahu dulu ada apa di rumah itu,siapa yang tinggal dan apa yang mereka lakuin?hiiiii....

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?