Saturday, October 29, 2005

 

dari sekian banyak film batman yang ada, mungkin hanya BATMAN BEGINS yang paling jadi favorit gua. dari komik BATMAN yang sempat gua baca bruce wayne adalah tokoh aka karakter yang sangat sedih.he has all the money and he is unhappy. very pity. kalo bener-bener mau memfilmkan batman sesuai dengan imagenya selama ini di komik BATMAN yang bener-bener pas adalah berbentuk noir. kira-kira ada ngga ya yg mau bikin? ehehe.
anyway, secara gua juga emang suka film-film super heroes maka gua selalu penasaran bagaimana beda sutradara mempresentasikan karakter BATMAN dan bruce wayne. bruce wayne, menurut gua, adalah super heroes yang paling human. secara dia juga bisa luka dan dia ngga musti kecelakaan dulu buat dapetin powernya. menurut BATMAN BEGINS, asal muasal interest bruce wayne dengan alter egonya adalah memerangi ketakutannya dan step into a new life. and he knows at the same time that someone has to do something on the crimes. Gotham adalah hidupnya jadi dia ga bisa diemin any evil force interupting the peacefull state of that damn dark city.
Christopher nolan berhasil sekali membawa BATMAN ke presentasi yg gua impi-impikan sejak dulu. dari komik yg gua baca gotham city adalah slump dengan kemewahan di beberapa sudut kota. set BATMAN begins betul2 memberikan itu. cuma karakter noirnya kurang. gua jadi penasaran, pemahaman david finch akan BATMAN gimana ya? secara di ending BATMAN begins mulai ada pengenalan JOKER. whooo, pasti keren banget. dan kayak spiderman yg meraup sukses gua curiga BATMAN akan berjalan dengan sekuel2? ah. basi dong.
BATMAN begins juga dengan sukses menampilkan bruce yang penuh grieve itu. christian bale should be given credits on this. matanya betul2 tai banget. cuma itulah...si bale kurang gape buat jadi orang kaya kebanyakan duit yang well...dia itu seperti menciptakan cetakan buat dirinya sendiri bahwa dia adalah actor khusus film2 dengan tekanan emosi berlebih pada tokohnya. gua emang belum nonton semua filmnya si bale (ahhh...ga mungkin lah). tapi klo inget2 american psycho atau the machinist atau empire of the sun, semua tokoh yang diperanin doi experienced pressure yang membawa pada perubahan karakter.
michael keaton menjadi batman? basi..dia botak man. lagian dia pendek. his face does not show grieve.
george clooney jadi batman? dia juga basi.dia terlalu flamboyan. jadi pas gua nonton batman versi dia ga dapet dah bruce wayne yg gua impikan selama ini. perhatiin juga body language dia. senyumnya dia, dia membuat stereotype di situ. dia bukan batman.misscast banget. curiganya dia dicast cuma karena lagi tenar sekali wkt itu.
val kilmer jadi batman...mmm. boleh lah. kilmer punya sense of desperation di sana. tapi dia juga ga bakat jadi orang kaya. dia cocoknya jadi hippies. setelah gua nonton THE DOORS, gw cuma ngeliat kilmer sebagai gelandangan. bahkan ampe saat ini. one more thing. satu2nya bruce wayne berbibir tebal adalah dia. ngga penting sih.
well, satu lagi tentang si bale. dan tentang batman. gua suka perubahan karakter suara bale dari dia adalah wayne dan dia adalah batman. bahkan suaranya menampakan kesedihan dan ada sense of alter ego di sana. buat image batman yang gelap,penuh kesedihan, dendam-walaupun itu kemudian dihapus oleh rachel-oiya, katie holmes sangat misscast-dia itu ABG di film yg salah-dia emang lebih cocok di DC atau piece's of april. gua penasaran kapan wajahnya bisa berubah jadi mature nanti? setelah dia punya anak dr cruise? dasar pelacur pintar, dia memutuskan untuk jatuh cinta dengan lelaki yg tepat. wanita mana di dunia ini yang menolah dibuahi oleh cruise? well, cruise juga ga sembarang humping woman kan?
anyway, back to BATMAN. kesalahan gua adalah menyimpang ini. ahaha. sorry, tulisan perdana. ntar gua edit lagi yes.
mungkin karena BATMAN begins diciptakan di era kayak gini makanya presentasinya juga lebih bagus. waktu gua nonton batman2 lama gua cuma ngerasa well...kenapa begini ya. secara BATMAN sepertinya lebih banyak dipermainkan, presentasi yang tidak fit. gelap sih gelap tapi kurang...gua harus menyelidiki di sisi ini lagi.
BATMAN2 dulu tidak ada yang explore sampai ke sisi dunia lain untuk mengembangkan bruce wayne. BATMAN2 lama hanya berkutat di gotham. dan anehnya sampai film yang terakhir ini pun penggambaran gotham city dan sepak terjang batman di kota ini masih memberikan dampak penyempitan. maksud gua angle2 kameranya. sepak terjang batman seperti dibatasi oleh kamera2 ini. batman seperti sedang beraksi dalam teater nan sempit. bahkan christopher nolan juga memakai patron ini. bener ga? coba deh perhatiin...
secara cerita, BATMAN begins lebih dinamis. dalam artian jalan menjadi BATMAN menjadi jelas buat gua. itu juga versinya nolan kan, klo komik jarang juga relasi ke sini. masa kecil wayne cuma samar2 aja, yg sering diekspos adalah kematian bonyoknya. noir banget di sini. nolan dan penulis naskahnya berhasil meramu plot-plot baru yang ga terpikirkan. wayna dipresentasikan sebagai orang kaya kebanyakan duit yang melakukan tindak kriminal cuma supaya tidak dikenal orang lagi. dan menyalurkan dendamnya di sana sini. cuma ya itu, usahanya untuk tidak dikenali orang gagal. dia bahkan kemudian diidentifikasi sebagai orang yang menakutkan. dendamnya membuat wayne menjadi ganas. kalo plot crimenya oke. twistnya ga banyak tapi interelasinya kuat.
runtuhnya railway yang dibangun oleh thomas wayne aka bapaknya bruce adalah simbol new life buat bruce. bruce udah kelamaan hidup dalam mimpi buruk, ketakutannya sendiri. saat railway itu runtuh maka saatnya buat bruce bangkit lagi. caila...ehehehe.
anyway, film ini penuh dengan cast2 yg mantab. bale, holmes (cuma krn dia punya nama), freeman, liam neeson, ken watanabe, gary oldman, tom wilkinson, michael caine...ahhh. bisa orgasme liat film ini. kapan lagi mereka satu frame bareng. catat juga kehadiran pemeran earle yang klo gua liat sering muncul di film2 kelas B. siapa sih namanya...
buat film batman. batman begins masih kurang gelap sih. buat gua lo ya.
tapi above all, gua kasih 4 bintang dah. CD 2 nya bisa mengobati keletihan gua melihat pelannya the invention of new bruce wayne di cd 1. jujitsu, dan ilmu ninja yang menurut gua ga penting. maksud gua...mmm. it makes the movie kelihatan cheap. untuk tokoh sekelas bruce wayne dan menjadi batman latihan2 ninja dan avi whatever itu ga layak diperlihatkan...ahhh
tapi gua suka headline halaman ke 8, koran pagi besoknya "milyarder mabuk membakar rumahnya"...sangat BATMAN, bruce wayne, tapi wayne jadi party animals...ahhhhh (lagi).

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?